Seminggu sebelum hari-H bagi setiap calon pengantin sudah cukup membuat gugup bukan kepalang yang mencapai puncaknya malam sebelum hari-H. Kegugupan yang melanda kadang membuyarkan segalanya termasuk kebutuhan yang perlu dipersiapkan untuk hari pernikahan. Hal ini pun sering dialami banyak calon pengantin. Padahal tidak sedikit yang perlu dipersiapkan calon pengantin jelang pernikahan esok hari. Maka agar tidak tergesa-gesa yang dikhawatirkan dapat mengakibatkan persiapan kurang maksimal. Calon pengantin wajib menyimak 10 persiapan berikut ini yang akan mengurangi kerepotan pagi di hari-H.

1. Tidur Lebih Awal Dari Biasanya

Agar penampilan lebih segar, sebaiknya atur waktu untuk tidur lebih awal dari biasanya. Usahakan tidur yang cukup. Dengan begitu energi akan terisi penuh dan kulit wajah menjadi lebih segar menyambut hari yang sangat penting.


2. Letakan Gaun / Kebaya Pengantin Serta Pelengkapnya

Siapkan busana yang akan kamu kenakan di tempat yang mudah dijangkau untuk esok hari agar kamu tidak lagi perlu mencari satu per satu busana serta aksesorinya. Baiknya kamu letakan busana pengantin bersama perhiasan atau aksesori serta sepatu pada satu tempat agar tidak tercecer. Sehingga di hari-H kamu dapat memakainya dengan tenang tanpa perlu panik.


3. Tenangkan Jiwa Dengan Doa

Tidak ada yang paling menenangkan jiwa selain “berbincang” pada Sang Pencipta. Dengan menyerahkan semua rasa keluh kesah pada Tuhan yang akan menjadikan semua beban di hati terasa ringan. Percayalah dengan begitu hari bahagiamu dapat terlalui dengan perasaan tenang.

4. Jangan Lewatkan Sarapan

Kebiasaan melewatkan sarapan dalam keseharian tidak hanya buruk untuk kesehatan yang akan berdampak pada energi yang mudah turun. Agar dapat menjalani hari pernikahan dengan penuh tenaga tanpa terlihat lesu, penuhi sarapanmu dengan makanan yang bergizi. Karena hari pernikahan membutuhkan banyak tenaga yang lekas terkuras.


5. Manjakan Diri

Kebiasaan melewatkan sarapan dalam keseharian tidak hanya buruk untuk kesehatan yang akan berdampak pada energi yang mudah turun. Agar dapat menjalani hari pernikahan dengan penuh tenaga tanpa terlihat lesu, penuhi sarapanmu dengan makanan yang bergizi. Karena hari pernikahan membutuhkan banyak tenaga yang lekas terkuras.

6. Pastikan Makeup Artist Hadir Tepat Waktu

Tidak ada salahnya memastikan jam kedatangan makeup artist, meskipun rata-rata makeup artist sudah tahu dan disiplin pada jadwal yang telah dijanjikan dengan calon pengantin. Jangan lupa pula beri alamat yang jelas agar makeup artist tidak terlambat karena tersesat.


7. Pastikan Penghulu Hadir Tepat Waktu

Tambahan untuk umat muslim yang menikah di luar KUA. Diharapkan mengetahui siapa penghulu yang bertugas menikahkan dan menghubungi beliau. Untuk mengatur jadwal kapan akad nikahmu berlangsung yang dapat diperkirakan penghulu tersebut agar tidak terlambat hadir.

8. Tebarkan Aroma Favoritmu

Nyalakan lilin aromaterapi yang menjadi kesukaanmu. Biarkan aromanya mengisi ke seluruh ruangan tempatmu bersiap bersama makeup artist, ibu serta sahabat yang mampu meredakan kegugupanmu. Dipercaya aroma lavender dapat meredakan kecemasan dan stres berlebih yang berasal dari efek relaksasi serta mengendalikan sistem saraf simpatis yang bertugas merespon stress fight or flight (melawan atau melarikan diri) serta gejalanya seperti tangan berkeringat atau jantung berdegup kencang yang biasanya dialami calon pengantin. Aroma lain yang juga memberi efek sama dapat ditemukan pada aroma chamomile.


9. Mendengarkan Lagu-Lagu Favorit

Mendengarkan lagu-lagu favorit pun menjadi obat ampuh yang mengurangi tekanan stres yang menghimpit. List semua lagu favoritmu di smartphone atau di aplikasi yang akan memberi semangat dengan musik bernada riang. Hindari lagu-lagu berlirik sendu dan sedih yang akan membawamu pada mood yang sama. Padahal hari itu harusnya menjadi hari bahagia untukmu.


10. Perbanyak Waktu Bersama Orangtua

Setelah menikah, tentu saja akan berbeda dengan sebelumnya. Kamu akan lebih menghabiskan waktu dengan keluar kecil barumu, dan bayangkan jika kamu sudah berada di luar kota yang jauh dari orang tua. Maka menikmati saat ini harus sangat dimanfaatkan sebaik mungkin.