XAMPP untuk Windows

Pada dasarnya, 32bit / 64bit sama saja proses instalasinya. Hanya saja di tutorial ini akan menggunakan versi Windows 10 64bit.

Tahap 1: Unduh XAMPP di sini

Pilih sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan


Tahap 2: Instalasi XAMPP

Double click pada file unduhan Anda. Pada tutorial ini menggunakan XAMPP versi (xampp-windows-x64-7.3.2-2-VC15-installer)
Jika Anda mendapatkan pemberitahuan seperti ini, Anda perlu me-non-aktifkan UAC. Salah satunya melalui “regedit”, dan jangan lupa untuk me-non-aktifkan Defender serta antivirus lain yang Anda gunakan.

Tahap 3: Non-aktifkan UAC via Regedit

Tekan logo Windows + R, lalu akan muncul jendela seperti di atas. Lalu ketikan regedit, lalu klik OK


Setelah itu, masuk ke folder (HKEY_LOCAL_MACHINE / SOFTWARE / Microsoft / Windows / CurrentVersion / Policies / System, lalu cari (EnableLUA), double click pada file tersebut. ). Di bawah ini adalah gambar, jika Anda mengikuti tahapnya dengan baik.
Lalu ubah Value Data menjadi 0 (nol) lalu tekan OK. (“Jangan lupa matikan antivirus Anda, agar instalasi berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang kita harapkan”)

Setelah itu, kembali ke tahap 2. Yaitu tahap instalasi. Akan ditulis sebagai tahap 4.


Tahap 4: Instalasi XAMPP

Double click pada file unduhan Anda. Pada tutorial ini menggunakan XAMPP versi (xampp-windows-x64-7.3.2-2-VC15-installer)
Jika Anda mengikuti tutorial ini dengan baik, maka Anda tidak akan mendapatkan pesan peringatan kembali seperti sebelumnya. Jika tampilan yang Anda dapatkan seperti di atas, maka anda berhasil me-non-aktifkan UAC via regedit. Setelah itu, klik Next. Lalu ikuti seperti gambar di bawah ini.

Anda telah selesai melakukan Instalasi XAMPP pada Windows 10 64bit.